Apa Itu Cloud Kitchen? Ini Keuntungan dan Cara Mendirikannya
Apa Itu Cloud Kitchen? Ini Keuntungan dan Cara Mendirikannya

Apa Itu Cloud Kitchen? Ini Keuntungan dan Cara Mendirikannya

Dapur awan atau Cloud Kitchen bermunculan, tetapi apa itu dan bagaimana Anda bisa menyiapkannya? Kami punya jawabannya.

Apa yang dimaksud dengan Cloud Kitchen?

Apa Itu Cloud Kitchen? Ini Keuntungan dan Cara Mendirikannya

Cloud kitchen persis seperti namanya. Ini adalah ruang dapur bersama yang tersedia untuk beberapa restoran, yang membayar sewa lebih rendah daripada yang mereka bayarkan di ruang lain. Makanan yang dibuat di ruang tersebut kemudian dijual oleh masing-masing restoran secara terpisah-dengan merek, menu, dan staf mereka sendiri-dan masing-masing menggunakan metode memasak yang berbeda. Misalnya, satu vendor mungkin menggoreng sayap ayam sementara vendor lainnya menyiapkan kentang panggang dari awal; hal ini memungkinkan kedua restoran untuk menyajikan hidangan dengan gaya persiapan yang berbeda tetapi bahan yang sama dengan harga yang terjangkau.

Manfaat mendirikan

Cloud kitchen adalah dapur yang telah dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk merampingkan operasi, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan profitabilitas. Seperti yang dapat Anda bayangkan, ada banyak manfaat dari menyiapkan dapur hantu.

Berikut daftar beberapa alasan utama mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menerapkan cloud kitchen:

  • Mengurangi biaya – Salah satu manfaat terbesar menggunakan dapur cloud adalah membantu mengurangi biaya operasional dengan menghilangkan pengeluaran yang tidak perlu seperti membeli peralatan dan mengelola infrastruktur.
  • Dengan mengintegrasikan data dari berbagai sumber ke dalam satu sistem terpusat, Anda dapat melihat segala sesuatu yang terjadi dalam bisnis Anda di satu layar. Hal ini memungkinkan tim manajemen untuk lebih memahami bagaimana kinerja restoran mereka sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat tentang tingkat kepegawaian dan di mana mereka membutuhkan lebih banyak sumber daya (seperti pemasaran).

Cara menyiapkan sendiri

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara memulainya? Dapur awan adalah cara yang bagus untuk menghemat uang dan menyiapkan makanan yang dapat Anda simpan di freezer. Langkah pertama adalah menemukan ruang untuk cloud kitchen Anda. Ini bisa sesederhana menemukan ruangan yang tidak terpakai di rumah Anda atau mengambil alih sudut kosong di ruang bawah tanah. Setelah Anda memilih ruangan, mulailah mengumpulkan beberapa peralatan dasar:

  • Peralatan dapur (oven pemanggang roti, oven microwave)
  • Wadah penyimpanan dengan tutup (kotak penyimpanan plastik atau Tupperware)
  • Talenan yang terbuat dari plastik atau kayu

Kesimpulan

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mempertimbangkan semua keuntungan dan kerugian dari mendirikan cloud kitchen Anda sendiri. Namun, perlu dicatat bahwa jika Anda mencari cara untuk meningkatkan skala merek restoran Anda dengan cepat dan efisien tanpa harus berurusan dengan investasi real estat yang mahal atau karyawan penuh waktu di setiap lokasi, maka ini mungkin merupakan pilihan yang sangat baik untuk Anda.

Selain menawarkan manfaat seperti mengurangi biaya overhead dan meningkatkan fleksibilitas dalam hal di mana dan bagaimana orang makan di luar, cloud kitchen juga memungkinkan restoran untuk meningkatkan skala operasi mereka dengan lebih mudah daripada ruang bata-dan-mortir tradisional (terutama yang berada di daerah berpenduduk padat). Dengan demikian, setiap pemilik bisnis yang menginginkan konsep restorannya di peta harus secara serius mempertimbangkan untuk mendirikan dapur hantu sendiri!

cara yang bagus untuk membawa merek restoran Anda ke tingkat berikutnya. Mereka dapat memberi Anda akses ke lebih banyak pelanggan dan memungkinkan Anda melayani lebih banyak orang dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, memiliki cloud kitchen memberikan kesempatan bagi karyawan untuk bekerja dari jarak jauh sambil tetap dapat menggunakan peralatan yang sama yang mereka miliki saat mereka sedang bekerja.

Semoga Artikel diatas bermanfaat. Baca artikel menarik seputar bisnis lainnya di inewsiana.com