Bisnis Afiliasi: Apa Itu Afiliasi & Panduan untuk Pemula
Bisnis Afiliasi: Apa Itu Afiliasi & Panduan untuk Pemula

Bisnis Afiliasi: Apa Itu Afiliasi & Panduan untuk Pemula

Pemasaran bisnis afiliasi adalah model bisnis di mana Anda (sebagai afiliasi) memperoleh pendapatan dengan mempromosikan atau menjual produk orang lain. Ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang secara online karena tidak memerlukan pengetahuan teknis apa pun dan dapat dilakukan dari mana saja di dunia dengan koneksi internet.

Pemasaran atau Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi: Apa Itu Afiliasi & Panduan untuk Pemula

 

Pemasaran afiliasi adalah model bisnis di mana Anda (sebagai afiliasi) memperoleh pendapatan dengan mempromosikan atau menjual produk orang lain.

Ini berbeda dari jenis pemasaran lainnya karena tidak melibatkan produk, layanan, atau merek Anda sendiri, melainkan bergantung pada penjualan produk orang lain untuk mereka. Ini bisa sesederhana merujuk orang lain ke pengecer online dan menerima komisi untuk setiap penjualan yang Anda lakukan, atau bisa juga melibatkan pembangunan seluruh situs web di sekitar hubungan afiliasi dengan pengecer.

Sejauh mengapa pemasaran afiliasi sangat populer? Ada beberapa alasan:

  • Pemasar afiliasi tidak harus membuat produk atau layanan mereka sendiri; mereka hanya perlu memberikan informasi berharga tentang produk dan layanan tersebut yang membantu calon pembeli membuat keputusan yang lebih baik tentang apa yang mereka inginkan – yang berarti lebih sedikit biaya awal!
  • Selama Anda mempromosikan hal-hal yang baik (yaitu, sesuatu yang diinginkan orang), tidak akan ada perlawanan ketika Anda mencoba meyakinkan mereka bahwa rekomendasi Anda layak untuk dicoba … dan jika mereka menyukai apa yang mereka lihat/baca/tonton/dll, maka di kemudian hari ketika melihat opsi serupa dengan merek yang berbeda yang terlibat (belum tentu milik Anda), kemungkinan besar salah satu dari pilihan itu akan dibuat berdasarkan rekomendasi Anda sebelumnya!

Jenis Affilate Marketing

Pemasaran afiliasi adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang secara online. Ada banyak alat dan sumber daya di luar sana untuk afiliasi untuk membantu mereka berhasil dengan kampanye mereka. Sebagai pemasar afiliasi, Anda ingin memilih produk terbaik untuk mempromosikan merek Anda, apa pun jenis pemasar afiliasi Anda.

Sumber daya untuk Bisnis Afiliasi

Internet penuh dengan sumber daya gratis untuk afiliasi, tetapi ada juga banyak sumber daya berbayar. Berikut ini beberapa untuk membantu Anda memulai:

  • Aweber – Alat pemasaran email yang membantu Anda membangun hubungan dengan pelanggan Anda dan mengirimi mereka email yang ditargetkan.
  • MailChimp – Alat pemasaran email lainnya, tetapi yang satu ini memiliki opsi gratis serta paket berbayar mulai dari $10 per bulan.
  • Leadpages – Membantu membuat halaman arahan yang dikonversi menjadi prospek dan penjualan dengan mengumpulkan informasi pengunjung seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan lainnya. Leadpages juga menawarkan alat untuk membuat grafik untuk halaman arahan Anda sehingga terlihat profesional bahkan jika Anda tidak memiliki keterampilan desain grafis sendiri (atau dalam kasus saya waktu).

Anda dapat menemukan lebih banyak lagi alat pemasaran afiliasi secara online – ini hanyalah beberapa contoh di antara banyak yang layak untuk dicoba jika Anda tertarik untuk menghasilkan uang melalui program afiliasi!

Blog, akun Instagram, atau platform digital jadi afiliasi.

Jika Anda memiliki blog, akun Instagram, atau platform digital lainnya dengan pengikut, maka Anda bisa menjadi afiliasi. Afiliasi adalah seseorang yang mempromosikan produk atau layanan di situs web / akun media sosial mereka dan mendapatkan komisi ketika seseorang membeli produk / layanan melalui tautan mereka.

Sebagai contoh, katakanlah saya ingin menjadi afiliasi untuk layanan hosting Bluehost. Saya dapat menggunakan blog saya sebagai platform untuk mempromosikan produk dan layanan perusahaan ini dengan menulis tentang cara kerjanya dan mengapa itu adalah pilihan terbaik untuk blogger baru. Jika orang yang membaca postingan saya mengklik tautan yang disediakan di dalamnya, mereka akan dibawa langsung ke situs web Bluehost di mana mereka dapat mendaftar akun dengan mudah tanpa harus mencari di tempat lain secara online terlebih dahulu!

Bagian terbaiknya adalah jika ada yang mendaftar melalui salah satu tautan saya (yang akan terlihat seperti ini: https://www.bluehost.com/?track=151025) maka saya akan mendapatkan uang dari penjualan itu!

Produk terbaik untuk Bisnis Afiliasi Anda.

Sebagai pemasar afiliasi, Anda ingin memilih produk terbaik untuk mempromosikan merek Anda. Apa pun jenis pemasar afiliasi Anda, ada hal-hal tertentu yang harus Anda cari ketika memilih produk.

  • Pilih produk relevan yang menarik bagi audiens Anda.
  • Pilih produk yang Anda yakini dan dapat berdiri di belakang.
  • Pilih produk yang akan laku di internet.
  • Pilih produk dengan tingkat konversi yang baik (persentase orang yang membeli setelah melihat / mengklik iklan).

Audiens tetap terjaga.

Sebagai pemasar afiliasi, Anda ingin memastikan audiens Anda mempercayai Anda dan reputasi Anda terjaga. Anda ingin mereka tahu bahwa produk atau layanan yang Anda promosikan baik untuk mereka. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti panduan sederhana ini:

  • Pastikan Anda jujur dan transparan
  • Konsisten dan dapat dipercaya

Jangan terlalu banyak berjanji

Waspadalah terhadap program afiliasi yang mengharuskan Anda memposting ulasan palsu

Kesimpulan

Dalam artikel ini, Anda mempelajari dasar-dasar pemasaran afiliasi dan bagaimana hal itu dapat membantu Anda menghasilkan uang secara online. Pemasaran afiliasi adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang secara online karena mudah diatur dan dipelihara, tetapi Anda juga membutuhkan banyak motivasi dan tekad untuk berhasil.

Ingatlah bahwa ada banyak cara untuk mempromosikan produk melalui pemasaran afiliasi – kemungkinannya tidak terbatas! Dan jangan lupa tentang jaringan afiliasi seperti CJ Affiliate by Conversant atau Amazon Associates; platform ini menawarkan banyak produk dari ribuan pedagang yang dapat menghasilkan pendapatan untuk blog atau situs web Anda.

Hal yang paling penting adalah sekarang Anda sudah tahu apa itu affiliate marketing, jadi pergilah ke sana dan mulailah membangun bisnis Anda sendiri!

Pemasaran afiliasi adalah cara terbaik untuk memonetisasi situs web, blog, atau akun media sosial Anda. Bagian terbaiknya adalah tidak memerlukan banyak keterampilan teknis dan pengalaman seperti beberapa jenis bisnis online lainnya. Anda bisa mulai secepatnya hari ini!