Cara Bisnis Dropship Bagi Pemula November 2022
Cara Bisnis Dropship Bagi Pemula November 2022

Cara Bisnis Dropship Bagi Pemula November 2022

Cara Bisnis Dropship Bagi Pemula – Dropshipping adalah model bisnis yang memungkinkan Anda menjual produk tanpa harus menyimpan atau mengirimkannya sendiri. Anda cukup menjual barang Anda secara online, dan ketika seseorang membeli salah satu barang Anda, pemasok mengirimkannya langsung ke pelanggan. Ini menghemat waktu dan uang Anda karena tidak perlu berinvestasi dalam inventaris atau mempekerjakan karyawan untuk operasi pengiriman. Dropshipping juga mempermudah memulai bisnis karena membutuhkan modal awal yang lebih sedikit daripada metode e-commerce lainnya seperti grosir atau eceran.

Bagaimana cara kerja Bisnis Dropship?

Dropshipping adalah model bisnis di mana pengecer tidak menyimpan inventaris, tetapi bertindak sebagai perantara antara pemasok produk dan pelanggan. Sebagai dropshipper, Anda tidak perlu membeli atau menyimpan inventaris; yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet, ruang situs web, dan platform e-niaga Anda sendiri (Shopify). Ini berarti tidak ada pengelolaan tingkat stok atau memesan lebih banyak produk ketika stok menipis. Drop shipper akan mengirimkan langsung dari pemasok ke pelanggan Anda untuk Anda! Ini dapat menghemat waktu dan uang untuk bisnis Anda karena tidak perlu biaya penyimpanan atau biaya pengiriman. Selain itu, pengembalian tidak terlalu menjadi masalah karena produsen akan menangani barang yang rusak daripada mengembalikannya melalui gudang Anda. Banyak orang ingin memulai bisnis dropshipping mereka sendiri tetapi tidak yakin di mana mereka harus memulai proses penelitian mereka; untungnya panduan ini akan menunjukkan caranya!

Memilih ceruk untuk Bisnis Dropship

Saat Anda memilih ceruk untuk bisnis dropshipping Anda, ada beberapa hal yang harus Anda ingat. Pertama, pilih ceruk yang Anda sukai. Akan jauh lebih mudah untuk bersemangat tentang produk ketika produk tersebut memiliki arti bagi Anda. Kedua, pilih ceruk pasar dengan potensi pasar yang besar dan persaingan yang rendah. Ini akan membantu memastikan bahwa ada cukup permintaan untuk produk Anda sehingga dapat terjual dengan baik dan menghasilkan uang. Ketiga, pilih ceruk yang bisa menguntungkan. Anda ingin dapat menghasilkan setidaknya $ 10 keuntungan dari setiap penjualan sehingga membenarkan semua waktu yang dihabiskan untuk pemasaran dan pengiriman pesanan setiap hari!

Menemukan Produk untuk Dijual dan Sumber Pemasok Grosir

Langkah pertama untuk dropshipping adalah menemukan produk yang tepat. Ada beberapa cara untuk melakukan ini:

  • Tinjau situs pesaing dan lihat apa yang mereka jual.
  • Periksa situs ritel populer dan lihat apa produk terlaris mereka.
  • Lihatlah melalui situs ulasan seperti Amazon dan lihat apa yang dibicarakan atau dikeluhkan orang di bagian ulasan.

Bagian: Cara Memilih Nama yang Sempurna untuk Bisnis Dropshipping Anda

Memilih nama yang sempurna untuk bisnis dropshipping Anda lebih penting daripada yang mungkin Anda sadari. Nama harus mudah diingat, dieja, diucapkan, dan diberi merek. Ini juga harus mudah dicari di Google dan mesin pencari lainnya.

Jenis produk yang dijual toko Anda akan membantu menentukan jenis nama apa yang Anda pilih untuk itu juga. Misalnya, jika Anda menjual barang elektronik maka mungkin bukan ide yang baik untuk memilih sesuatu seperti “Uhu” karena tidak ada yang akan dapat menemukannya ketika mereka mencari perangkat elektronik secara online!

Jika memungkinkan, cobalah untuk tidak menggunakan angka atau simbol dalam nama merek Anda karena beberapa orang mungkin tidak tahu persis bagaimana cara kerjanya dalam bahasa tertentu (misalnya, Jepang).

Menyiapkan Situs Web Bisnis Dropship Anda

Anda memiliki beberapa opsi saat memilih platform dropshipping. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Reputasi – Platform terbaik memiliki reputasi yang baik dan telah ada untuk sementara waktu. Pastikan Anda melakukan riset sebelum mendaftar dengan salah satu dari mereka. Jika sebuah platform memiliki layanan pelanggan yang buruk, akan sulit untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda, yang mungkin tidak merasa aman membeli dari Anda dan mungkin mengajukan keluhan terhadap Anda di media sosial atau di tempat lain jika mereka mengalami masalah.
  • Kemudahan penggunaan – Idealnya, platform harus cukup mudah digunakan oleh siapa saja tanpa perlu banyak pelatihan agar mereka dapat mulai menjual dengan sukses melalui situs web mereka alih-alih harus melalui pasar lain seperti eBay atau Amazon FBA terlebih dahulu sebelum menemukan produk (kebanyakan orang tidak menginginkan langkah ekstra ini). Ini juga berarti bahwa platform ini seharusnya tidak memerlukan keterampilan pengkodean apa pun; jika tidak, kebanyakan orang tidak akan repot-repot menggunakannya karena mereka lebih suka melalui salah satu pasar lain di mana semuanya sudah diatur dengan baik!
  • Biaya langganan bulanan – Sebagian besar platform membebankan semacam biaya bulanan yang harus dibayarkan pengguna sebelum dapat mengakses bagian apa pun di dalam situs mereka seperti memeriksa inventaris apa saja yang tersedia di setiap kategori, dan sebagainya … jadi jika seseorang tidak menginginkan fitur ini maka pastikan setidaknya satu opsi tidak memerlukannya!

Strategi Retensi Pelanggan dan Mendorong Penjualan

  • Personalisasikan email Anda dan korespondensi lainnya dengan setiap pelanggan dengan menggunakan nama mereka di badan email, serta di baris subjek.
  • Tawarkan nilai kepada pelanggan Anda lebih dari sekadar menjual produk atau layanan kepada mereka. Ini bisa termasuk memberikan tips, artikel, atau sumber daya lain yang dapat mereka gunakan setelah mereka melakukan pembelian.
  • Tindak lanjuti pelanggan setelah mereka melakukan pembelian dari Anda untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan mereka puas dengan pembelian mereka. Anda juga dapat meminta umpan balik tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan diri sebagai pemilik bisnis dan penjual untuk menyediakan produk / layanan yang lebih baik bagi pelanggan di masa mendatang.
  • Platform media sosial seperti Facebook dan Twitter adalah cara yang bagus bagi bisnis untuk berinteraksi dengan klien saat ini secara berkelanjutan; ini akan membantu membangun loyalitas merek dari waktu ke waktu karena ini menunjukkan bahwa ada lebih dari sekadar penjualan yang dipertaruhkan ketika seseorang berbisnis dengan Anda – mereka juga penting!

Bersabarlah, gigih, dan lakukan penelitian Anda.

Anda harus bersabar dengan penelitian Anda. Anda mungkin tidak langsung menemukan produk atau pemasok yang Anda cari. Jangan menyerah! Jangan takut untuk meminta bantuan, baik di internet atau secara langsung. Semakin cepat Anda memulai, semakin cepat Anda dapat mulai menghasilkan uang!

Dropshipping adalah bisnis yang bagus untuk pemula yang ingin memulai toko online mereka sendiri. Sangat mudah untuk memulai, dan tidak memerlukan banyak biaya atau investasi di muka. Tapi itu tidak berarti itu akan mudah – dibutuhkan kerja keras dan dedikasi! Jika Anda ingin memulai dropshipping, ingatlah bahwa memiliki keterampilan layanan pelanggan yang baik adalah kuncinya (serta bersabar, gigih, dan melakukan penelitian Anda).