Cara Bisnis Ikan Cupang Hias Untuk Pemula
Cara Bisnis Ikan Cupang Hias Untuk Pemula

Cara Bisnis Ikan Cupang Hias Untuk Pemula

Memulai bisnis ikan cupang hias bisa menjadi cara yang bagus untuk masuk ke industri kecantikan. Ini adalah peluang dengan pertumbuhan tinggi dan berbiaya rendah yang tidak mengharuskan Anda mengeluarkan uang untuk peralatan atau iklan yang mahal. Satu-satunya hal yang Anda perlukan adalah pengetahuan dan keterampilan yang tepat untuk memulai, yang kami di sini untuk membantu Anda! Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui semua yang perlu Anda ketahui tentang membuka toko cupang hias Anda sendiri, mulai dari menulis rencana bisnis hingga memilih karyawan dan banyak lagi. Jadi, mari kita langsung terjun!

Pelajari bagaimana melakukan bisnis ikan cupang hias.

  • Pelajari cara berbisnis cupang hias.
  • Pelajari tentang industri, pasar, dan pesaing.
  • Cari tahu persyaratan hukum apa yang diperlukan di area operasi Anda.
  • Tentukan apakah ada masalah keamanan yang mungkin perlu Anda pertimbangkan seperti sistem alarm, sistem pengawasan, atau penjaga yang bertugas 24/7 setiap saat ketika tempat usaha Anda terbuka untuk bisnis.
  • Tentukan apakah ada persyaratan fisik seperti ruang yang cukup bagi pelanggan dan karyawan untuk bergerak dengan nyaman di dalam toko; ventilasi yang memadai agar tidak hanya memenuhi peraturan kode kesehatan tetapi juga menjaga suasana yang menyenangkan di mana Anda berdua dapat menjual produk Anda sambil menawarkan layanan pelanggan berkualitas tinggi setiap saat; ruang yang cukup di dalam sehingga orang tidak merasa sempit saat berbelanja di toko perlengkapan cupang lokal mereka (yang akan memberi mereka kesan buruk tentang jenis pemilik bisnis yang beroperasi).

Tulis rencana Bisnis Ikan Cupang Hias.

Rencana bisnis adalah peta jalan Anda menuju sukses. Di sinilah Anda menguraikan apa yang dilakukan perusahaan Anda, berapa banyak uang yang dibutuhkan, dan langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk mencapainya.

Berikut ini cara menulis rencana bisnis:

  • Mulailah dengan menentukan jenis bisnis-misalnya, kepemilikan perseorangan atau LLC (perseroan terbatas).
  • Buat daftar semua biaya yang terkait dengan memulai perusahaan baru: sewa ruang kantor; biaya hukum; peralatan seperti komputer dan printer; inventaris; biaya iklan seperti selebaran atau papan nama; gaji karyawan seperti salesman atau perwakilan layanan pelanggan.
  • Hitung berapa banyak klien yang dibutuhkan setiap bulan untuk mendapatkan keuntungan rata-rata per klien (angka ini akan berbeda tergantung pada industrinya).
  • Tuliskan tujuan harian yang harus dipenuhi agar ide bisnis ini berhasil (misalnya, jika saya menjual 100 unit per hari dengan harga masing-masing $ 30 maka setelah 30 hari total pendapatan saya akan menjadi $ 9000.). Juga pikirkan tentang tujuan tambahan seperti meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu dan mempekerjakan karyawan baru bila perlu sehingga mereka tidak akan merasa stres karena terlalu banyak tekanan beban kerja yang disebabkan oleh kurangnya sumber daya seperti tidak ada tunjangan anggaran yang diberikan oleh pemilik yang tidak peduli tentang hal lain kecuali menghasilkan lebih banyak uang meskipun dia sudah memiliki cukup aset yang sudah disimpan di tempat lain sebelum membuka toko).

Temukan lokasi Bisnis Ikan Cupang Hias.

Langkah pertama dalam memulai bisnis cupang hias Anda sendiri adalah menemukan lokasi yang tepat. Anda akan membutuhkan tempat di mana Anda dapat menjalankan bisnis Anda, dan penting bahwa lokasi ini sangat sesuai dengan kebutuhan Anda. Lokasi terbaik memiliki beberapa kesamaan: dekat dengan banyak orang, dekat dengan banyak lalu lintas, dan memiliki banyak bisnis di sekitarnya.

  • Temukan area dengan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi
  • Cari jalan yang sibuk
  • Pilih area dengan banyak gedung perkantoran

Beli dan siapkan peralatan.

Anda akan memerlukan tattoo gun, yang bisa Anda beli secara online atau di toko tato lokal. Untuk mengoperasikan mesin, Anda harus membeli catu daya – senjata tato menggunakan berbagai jenis catu daya – dan memasangnya ke mesin Anda. Anda juga akan membutuhkan jarum dan tinta untuk stasiun kerja Anda. Penting untuk memastikan bahwa benda-benda ini steril dan bersih sebelum digunakan; untuk alasan ini, beberapa orang lebih suka membeli peralatan mereka dari pemasok yang sudah mensterilkannya terlebih dahulu. Anda juga harus menyiapkan meja di depan tempat Anda akan duduk ketika melakukan bisnis cupang; tingginya harus nyaman bagi siapa pun yang duduk di sana (biasanya ini berarti menempatkannya tepat di bawah ketinggian mata). Terakhir, pastikan semua karyawan mengenakan sarung tangan saat mengerjakan kulit pelanggan sehingga mereka tidak tertular penyakit dari orang yang ditusuk jarum!

Mempekerjakan karyawan.

Mempekerjakan karyawan merupakan langkah penting dalam membuat bisnis Anda sukses. Ketika mempekerjakan seseorang, Anda perlu memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan tugas pekerjaan mereka secara efektif dan efisien. Anda juga ingin mempekerjakan orang yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan, serta orang yang dapat bekerja sama dengan baik dengan orang lain. Terakhir, penting bagi Anda untuk mempekerjakan karyawan yang akan setia pada bisnis Anda dan tujuannya.

Tetapkan harga

Penting untuk menetapkan harga Anda dengan cara yang menguntungkan bagi Anda, tetapi juga membuat pelanggan merasa mereka mendapatkan penawaran yang bagus. Anda bisa menggunakan rumus berikut: (Biaya barang – Biaya tenaga kerja + Overhead) / Kuantitas = Harga. Misalnya, jika biayanya $ 10 untuk membuat satu cupang dan Anda harus membayar artis Anda $ 5 per cupang dan membayar $ 2 dalam biaya overhead setiap kali mereka membuatnya, biaya akhirnya adalah $ 13,50. Jika pelanggan hanya membayar $10 untuk sebuah cupang hias, maka tidak ada keuntungan yang cukup bagi kedua belah pihak. Kesepakatan yang lebih baik adalah setidaknya 50% dari harga eceran-dalam hal ini sekitar $6 per cupang dengan sisa keuntungan yang cukup sehingga semua orang merasa senang!

Kesimpulan

Memulai bisnis cupang hias mungkin tampak sulit pada awalnya, tetapi dapat dilakukan dengan sumber daya dan perencanaan yang tepat. Jika Anda ingin memulai bisnis cupang hias Anda sendiri tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, maka artikel ini telah memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan!