Gunung Lembu Purwakarta, Nikmati Keindahan Sunset Dipuncak

Gunung lembu di Purwakarta bisa menjadi alternatif buat Anda yang ingin hiking tapi masih pemula. Pokoknya cocok sekali karena landasannya tidak terlalu berbahaya cocok untuk para pemula yang ingin berwisata sambil mendaki di Jawa Barat.

Halo sobat ini apakah kalian ingin mendaki sebuah gunung tapi terkendala baru ingin mencoba atau merasakan bagaimana rasanya mendaki. Tenang saja di sini di Jawa Barat ada sebuah kawasan wisata Gunung yang cocok sekali untuk pemula.

Sama seperti gunung bongkok di Purwakarta, Track-nya tidak terlalu curam bahkan ketinggiannya juga tidak terlalu tinggi sehingga memang sangat ke recommended buat para pemula ingin mendaki.

Meskipun puncaknya tidak terlalu tinggi tapi jika anda sudah di atas akan melihat sebuah pemandangan yang indah apalagi ditemani oleh Sunset yang akan memanjakan mata anda.

Memang sih Gunung ini tidak cocok untuk para pendaki Pro karena ketinggiannya tidak terlalu tinggi namun jika anda ingin belajar mendaki silahkan saja dicoba karena view diatasnya juga bagus banget pemandangan.

Mitos Gunung Lembu

Gunung lembu purwakarta

Setiap kawasan wisata pasti memiliki mitos masing-masing, hal ini tidak lepas dari gunung lembu pasalnya gunung lembu memiliki mitos yang cukup angker bagi warga sekitar.

Karena di Gunung lembu terdapat sebuah makam yang sudah ada ratusan tahun lalu menurut warga sekitar makam itu adalah makam Jongrang Kalipitung dan Raden Surya kencana.

Banyak mitos yang beredar di Gunung lembu ada hal yang harus anda hindari karena menurutnya itu merupakan larangan jika ingin mendaki gunung lembu apa saja itu larangannya Yaitu anda tidak boleh bersiul di atas gunung.

Baca Juga:   Wisata Bukit Panenjoan Purwakarta

Konon katanya jika anda bersiul maka tentunya anda akan diambil oleh demit atau anda akan tersesat di tengah hutan. Sejarahnya katanya pernah ada 8 orang yang mengalami kejadian seperti ini.

Terlepas atau tidaknya mitos dari gunung lembu ini tidak ada salahnya kita yang hanya sebagai tamu untuk menghormati larangan tersebut, jadi hindari untuk bersyukur saat mendaki gunung lembu.

Lokasi Gunung Lembu

Letak dan lokasi Gunung lembu tepatnya berada di Purwakarta atau Jawa Barat atau lebih tepatnya beralamat lengkapnya di dukuh Manunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani.

Kalau tidak Anda tidak tahu Sebaiknya lihat Google Map karena peta lokasi menuju Gunung lembu sudah ada di Google Map sehingga kalau tidak jelas maka Google Map menjadi alat yang bagus agar anda tidak tersasar.

Rute Menuju Gunung Lembu

Untuk menuju tempat wisata Gunung lembu Anda bisa naik kendaraan pribadi dan ini lebih disarankan.

Bila naik kendaraan pribadi anda langsung masuk aja ke Tol Jakarta menuju arah tol Cikampek lalu keluar di pintu tol Jatiluhur Purwakarta.

Setelah keluar dari tol Jatiluhur, selanjutnya Anda lanjutkan perjalanan menuju ke Bandung sampai pertigaan Sukatani. Kemudian kurang lebih 8 km lagi anda akan sampai di base camp gunung lembu.

Namun apabila kalian nekat untuk naik kendaraan umum maka yang disarankan adalah Anda naik kereta api lalu turun di stasiun Purwakarta.

Sayangnya setelah sampai di stasiun tidak ada transportasi khusus yang mengarah ke jurusan gunung Cilembu, anda harus mencarter sebuah mobil untuk menuju ke basecamp gunung lembu.

Umumnya biaya untuk charter mobil menuju Gunung lembu adalah Rp250.000 untuk satu tarikan. Nah di sini Sebaiknya anda membawa banyak teman agar biaya transportasi lebih murah.

Baca Juga:   Wisata Gunung Bongkok Purwakarta, Tempat Hiking Pemula

Jam Buka Gunung Lembu

Tidak perlu khawatir dengan jam buka gunung lembu karena kawasan wisata pendakian ini buka setiap hari 24 jam tapi disarankan Jika anda ingin mendaki gunung sebaiknya datanglah di pagi hari.

Tapi jika anda ingin melihat sunrise yang sangat indah di puncak gunung lembu, maka disarankan mengunjungi atau mendaki pada malam hari sehingga paginya Anda bisa melihat matahari terbit yang sangat indah.

Tiket Masuk Gunung Lembu

Saat ini Gunung lembu dikelola oleh masyarakat desa panyindangan secara Swadaya.

Untuk melakukan pendakian anda wajib untuk mendaftarkan diri dengan biaya Rp15.000 untuk satu orang yang ingin menginap di atas gunung Cilembu.

Tapi jika anda ingin melakukan One day trip atau mendaki lalu pulang di hari itu juga, anda hanya dikenakan biaya Rp10.000 saja.

Fasilitas di Gunung Lembu

Di pos pemberangkatan banyak fasilitas yang disediakan oleh para pengelola. namun jika Anda ketinggalan bekal maka wajib untuk membeli makanan dulu di pos pemberangkatan

Karena fasilitas hanya tersedia di pos keberangkatan seperti warung makan toilet umum mushola dan tempat parkir.

Kekurangannya di sini tidak ada Aula untuk beristirahat, sehingga buat Anda yang kelelahan karena mendaki mau tidak mau harus rela beristirahat di tempat yang bisa anda buat sendiri.

Keindahan gunung lembu Purwakarta

Umumnya para pendaki pemula yang mendaki gunung lembu hanya datang pada pagi hari dan pulang sore hari hanya untuk menikmati Sunset.

Padahal kalau mereka mau menginap dan pulang di pagi hari tentunya mereka akan melihat sunrise yang akan membuat hidup anda semakin terang benderang Anjay lebay.

Pokoknya pada pagi hari sunset nya sangat indah anda akan terbayarkan semua kelelahannya. tapi ingat ya kalau manginap jangan m*sum.

Baca Juga:   Review Wisata Bukit Katumbiri Purwakarta Yang Lagi Hits

Apalagi saat malam hari anda akan bisa melihat lampu cahaya Kota Purwakarta yang sangat indah pokoknya instagramable banget buat kalian yang suka upload foto di Instagram.

Oke tadi informasi tentang gunung Cilembu dari mulai harga tiket masuk, lokasi serta rute menuju Gunung lembu.

Semoga informasi ini bisa membuat anda tercerahkan dan yakin untuk liburan dan mendaki di Gunung lembu. Oh iya saya sudah menulis wisata Purwakarta Curug tilu silakan dibaca ya.

BAGIKAN: