Wisata Gunung Bongkok Purwakarta, Tempat Hiking Pemula

Yang ingin wisata di Purwakarta tapi memiliki budget kecil sebaiknya Anda datang saja ke Gunung Bongkok yang berada di Purwakarta, Lokasi wisata ini berada tepat di daerah cikandang Purwakarta bisa menjadi alternatif buat Anda yang ingin hiking khususnya untuk pemula.

Bisa dilakukan dengan teman-teman karena untuk menuju lokasi Gunung Bongkok jaraknya tidak terlalu jauh, sehingga Anda bisa mencapai puncak gunung hanya dengan waktu tidak lebih dari 2 jam.

Jam buka Gunung Bongkok

Gunung Bongkok pada umumnya Gunung Bongkok adalah sebuah tempat yang memang ditujukan untuk kemping tempat ini bisa buka selama 24 jam.

jadi buat anda yang mau datang malam hari pagi hari atau siang hari bisa datang kapan saja tanpa harus memikirkan waktu yang ingin anda Tentukan.

Tiket Masuk Gunung Bongkok

Tiket Gunung Bongkok menurut saya relatif sangat murah Karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak, yang penting persiapan bekal makanan tersedia.

Nah Jika anda ingin mendaki Gunung Bongkok Anda harus melakukan registrasi dengan membayar sebesar Rp12.000 di pos 1. lalu dilanjutkan dengan menyewa sebuah tenda camping atau yang berada di KM 2 umumnya setiap orang akan dikenakan biaya Rp10.000.

Puncak Gunung Bongkok

Sebenarnya ada dua Puncak di Gunung Bongkok tapi kalau kamu ingin menikmati sunrise maka wajib untuk mendaki melalui Puncak yang datar, apabila sudah sampai di Puncak yang datar. Diharapkan anda harus mengabadikan atau memoto momen tersebut bersama teman-teman pemandangan sunrise nya sangat indah.

Ketinggian Gunung Bongkok memang tidak terlalu tinggi, karena ketinggiannya cuma sampai 975 mdpl saja, tapi kalian juga harus tetap berhati-hati karena kalau sudah berada di puncak gunung biasanya kondisinya dataran akan semakin curam apalagi Sisi kedua Gunung ini berhadapan langsung dengan sebuah jurang yang curam.

Baca Juga:   Gunung Lembu Purwakarta, Nikmati Keindahan Sunset Dipuncak

Nah untuk Puncak kedua namanya adalah watu tumpang ini merupakan puncak yang paling tinggi di Gunung Bongkok. Namun karena terlalu tinggi sehingga pemandangannya pun cukup indah sekali kalau dilihat dari atas, yang menakjubkan lagi Waduk Jatiluhur dan kota Purwakarta bisa dilihat seluruhnya pada puncak ini.

Namun anda jangan terlalu senang dulu karena di puncak watutumpang akan ada banyak sekali bebatuan yang cukup besar dan tinggi menjulang sehingga Anda juga harus tetap hati-hati.

Di puncak Watu tumpang Memang agak luas Tapi sebaiknya Anda tidak mendirikan tenda di puncak ini karena permukaan nya sangat penuh dengan bebatuan apalagi dipuncak watu tumpang anginnya cukup kencang sekali sehingga Anda harus tetap waspada karena Puncak ini juga bisa menyebabkan celaka.

Jika sudah ada di puncak Watu tumpang sebaiknya Anda lekas turun jika sudah puas menikmati view dan pemandangan yang indah di atas puncak Gunung Bongkok.

Rute Menuju Gunung Bongkok

Jika anda dari Jakarta ingin pergi ke Gunung Bongkok sebaiknya dari kota Purwakarta Anda berarah ke Plered, kemudian naik angkutan umum atau mobil pribadi.

Selanjutnya anda pergi ke cikandang, lalu saat tiba di pos munclu biasanya memakan waktu sekitar 30 menit. pada pos ini tiap para pendaki atau para wisatawan yang ingin melakukan hacking umumnya akan bermalam sambil menikmati sunrise yang begitu indah sekali pemandangannya ingat Anda harus membawa perbekalan yang cukup seperti air makanan karena pada ada kemping sumber air terdekat berjarak sekitar 100 meter dari pos muncul

Ketika akan naik kepuncak ada beberapa view yang harus anda waspadai di gunung lengkap seperti di 750 Mdpl Karena jalur ini cukup terjal dan sangat curam sehingga perjalanan Anda lalui akan sedikit licin karena suatu saat bisa turun hujan.

Baca Juga:   Snow World Revo Town Bekasi, Asiknya Main Salju

Fasilitas Gunung Bongkok

Gunung Bongkok akan tersedia fasilitasnya Jika anda sudah sampai di Pos munclu, karena di sana sudah tersedia sebuah tempat parkir mobil dan motor.

kemudian juga dilengkapi dengan seorang keamanan, untuk sewa parkir mobil sebesar Rp10.000, motor Rp5.000.

bagi Anda yang ingin mandi tempat ini juga sudah tersedia sebuah kamar mandi dengan air yang sangat bersih, namun untuk menikmati fasilitas kamar mandi Anda harus merogoh kocek sebesar Rp2.000 untuk setiap mandi

untuk yang beragama muslim tempat ini juga sudah tersedia sebuah musala dan sebuah tempat makan yang sangat enak makanannya, untuk lokasi warung makanan ada-ada di pos 1 dan menyediakan berbagai macam makanan seperti nasi penyet, mie instan dan aneka minuman yang banyak tersedia.

untuk harga makanan menurut saya relatif standar sesuai dengan harga di tempat wisata purwakarta lainnya.

Itulah beberapa Informasi yang disampaikan tentang wisata Gunung Bongkok yang berada di Purwakarta menurut saya wisata ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin hiking atau sekedar camping saja meskipun begitu Anda juga membutuhkan seorang pembimbing yang mengetahui jalur untuk menuju puncak Gunung Bongkok

BAGIKAN: